Rabu, 12 Februari 2014

biologi

Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan kingdom yang bertujuan untuk mengelompokkan makhluk hidup pada kategori tertentu baik hewan maupun tumbuhan berdasarkan beberapa kelompok. Maksudnya adalah untuk memudahkan klasifikasi jutaan makhluk hidup yang ada di bumi agar mudah dilakukan penelitian terhadap makhluk hidup ini. Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi ini dikenal dengan istilah taksonomi. Jika tidak diklasifikasikan maka jutaan makhluk hidup mungkin akan sulit dikenali begitu juga dengan spesies baru yang sulit dikenali.
Setiap makhluk hidup memiliki karakteristik yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Dalam ilmu biologi atau secara spesifik yang dikenal taksonomi akan membahas mengenai detil klasifikasi berbagai makhluk hidup secara mendetil.
Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup
Dalam ilmu biologi setidaknya ada 4 tujuan klasifikasi makhluk hidup yang dilakukan yaitu:
  1. Mendetilkan ciri ciri makhluk hidup yang membuatnya berbeda dengan makhluk hidup lainnya.
  2. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan yang dimilikinya.
  3. Mengetahui hubungan antar makhluk hidup dan mempermudah pengelompokannya
  4. Tujuan penting lainnya adalah untuk mempermudah dalam penelitian makhluk hidup baru seperti pemberian nama pada makhluk hidup tersebut.
Dari 4 tujuan klasifikasi ini ada berbagai manfaat yang kita dapatkan dalam kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan terutama ilmu biologi.
Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup
Klasifikasi ini sangat banyak manfaatnya untuk perkembangan ilmu biologi, manfaat utamanya adalah untuk mempermudah dalam mempelajari hubungan antar makhluk hidup. Selain itu klasifikasi ini bermanfaat untuk mempermudah dalam penemuan jenis baru makhluk hidup.

Klasifikasi Makhluk Hidup

Perkembangan klasifikasi makhluk hidup telah diteliti pada abad 17, dari masa ke masa klasifikasi ini mengalami perkembangan dan terus mengalami peningkatan. Klasifikasi ini banyak diteliti oleh berbagai peneliti dan pakar biologi seluruh dunia.  Berikut kami informasikan tabel klasifikasi makhluk hidup berdasarkan tahun dan peneliti yang melakukan pengelompokan tersebut.
klasifikasi makhluk hidup
Sumber : Wikipedia.org
klasifikasi makhluk hidup
Sumber : Wikipedia.org
Secara umum klasifikasi makhluk hidup terdiri dari dua yaitu tumbuhan dan hewan, hal ini diungkapkan oleh Aristoteles dan Carolus Linnaeus. Hanya saja teori Carolus Linnaeus ini merupakan yang pertama dalam menciptakan penamaan makhluk hidup dengan sistem yang sering disebut Binomial Nomenklatur. Carolus juga disebut sebagai Bapak Taksonomi dunia, tingkatan dalam klasifikasi ini disebut dengan Takson.

Klasifikasi Makhluk Hidup Berdasarkan Takson

klasifikasi takson
Sumber : Wikipedia.org
selain dari berbagai pakar yang telah kita bahas di atas yang paling terkenal tentunya adalah dari bapak Taksonomi yang kita kenal takson. Berikut adalah urutan klasifikasi dari urutan paling atas sampai dengan urutan paling bawah.
  1. Phylum/Filum untuk hewan, atau Divisio/Divisi untuk tumbuhan
  2. Classis/Kelas
  3. Ordo/Bangsa
  4. Familia/Keluarga/Suku
  5. Genus/Marga
  6. Spesies (Jenis).
Berbagai klasifikasi yang dilakukan oleh peneliti dan pakar biologi adalah untuk memudahkan kita dalam mengenali berbagai makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan semakin banyak makhluk hidup yang akan ditemukan. Baik makhluk hidup yang ada di darat atau pun yang berada di lautan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar